Banner

Tuesday, October 8, 2013

Company Profile PT. Bakrie Telecom Tbk.


PT Bakrie Telecom Tbk atau di kenal juga dengan nama BTEL adalah operator telekomunikasi yang menyelenggarakan jasa fixed wireless access (FWA) dengan layanan mobilitas terbatas. Berdiri di tahun 1993 dengan nama awal PT Radio Telepon Indonesia kemudian berubah nama menjadi Bakrie Telecom di tahun 2003 dengan menggunakan teknologi CDMA 2000 1x.

Pada tahun 2006 Bakrie Telecom terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan simbol ticker BTEL. Jika di awal berdirinya perusahaan hanya menyelenggarakan gerakan layanan dasar suara dan SMS  maka di tahun 2010 Bakrie Telecom melakukan transformasi layanan dengan menyelenggarakan pula layanan broadband wireless access (BWA) dengan menggunakan teknologi CDMA EVDO (Evolution Data Optimized).

Tantangan persaingan yang demikian ketat dalam industri telekomunikasi indonesia mendorong management Bakrie Telecom untuk melakukan 5 tahap revitalisasi pada awal kuartal kedua 2012. Pertama meliputi program penyehatan dan penguatan keuangan perusahaan. Kedua pengutan organisasi, budaya perusahaan dan governance. Ketiga, kembali ke inti kekuatan BTEL yaitu one brand, one price (Esia), tapi dengan banyak opsi produk. Keempat, mendorong pertumbuhan revenue dari data. Kelima, peningkatan kualitas produk dan layanan pelanggan.

Hasil revitalisasi tersebut mulai memperlihatkan hasil positif baik dari sisi kinerja keuangan perusahaan maupun laju pertumbuhan pelanggan. Pasa kuartal ketiga 2012 Bakrie Telecom mencatat pertumbuhan pelanggan sebesar 4.5% dari 11.46 juta pelanggan di kuatal kedua 2012 menjadi 11.98 juta pelanggan di kuartal ketiga 2012.

Laju profitabilitas perusahaan sebagai hasil penghematan dan efisiensi operasional, pada dua quarter terakhir, telah membukukan pertumbuhan rata-rata 30%. Likuiditas perseroan memang masih ketat, tapi pertumbuhan EBITDA di Q3 dibandingkan Q2 dan Q1 2012 menunjukan peningkatan daya saing Perseroan yang cukup signifikan. Ini membuktikan kinerja operasional  perusahaan semakin kuat sehingga secara finansial pengaruh positifnya terhadap keuangan dapat segera dirasakan.

Visi
Memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia dengan menyediakan konektivitas informasi.

Misi
Menyediakan konektivitas informasi yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Winning Spirit
Terdiri dari empat elemen yaitu Trust, Passion, Synergy dan Fun :
  • Trust (Kepercayaan)
Ketika orang menghormati satu sama lain di tempat kerja, ada kepercayaan yang didirikan yang mengarah ke sinergi, saling ketergantungan, dan rasa hormat. Petinggi dan karyawan membuat keputusan dan pilihan berdasarkan apa yang benar, apa yang terbaik dan apa yang dihargai paling tinggi untuk kepentingan organisasi.
  • Passion (Gairah)
Dorongan untuk terus maju dan melakukan sesuatu yang berarti dengan tingkat komitmen, tanggung jawab dan semangat, untuk selalu melakukan dan menjadi yang terbaik dalam rangka mencapai tujuan bersama.
  • Synergy (Sinergi) 
Kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain secara mendalam dan tulus. Mengenali dan menghargai keanekaragaman merupakan kunci dalam harmonisasi kerjasama ketika mencapai visi dan misi organisasi.
  • Fun (Kesenangan)
Mengambil rutinitas biasa dan membuatnya menyenangkan untuk dilakukan, ini membantu kita mempertahankan perspektif sehat pada kehidupan pekerjaan kita, dan mengingatkan kita untuk santai, tapi serius dalam bekerja.

Managemen
Berikut ini adalah susunan dari Dewan Komisaris dan Direksi.

  • Dewan Komisaris

Komisaris Utama             : Anindya Novyan Bakrie
Wakil Komisaris Utama   : Bobby Gafur S. Umar
Komisaris                        : Ambono Janurianto
Komisaris Independen     : Ai Mulyadi Mamoer, Rajsekar Kuppuswami Mitta dan Rini Mariani Soemarno

  • Direksi

Direktur Utama                : Jastiro Abi
Direktur                           : Harya Mitra Hidayat dan Bachder Bachtarudin
Direktur (Tidak terafiliasi) : Imanuddin Kencana Putra dan Eka Anwar

Milestone
Dalam perjalananya sampai sekarang terdapat beberapa kejadian penting. Kejadian penting tersebut dapat dilihat di http://www.bakrietelecom.com/btel-milestone.html.

Award
PT Bakrie ini telah mendapat banyak penghargaan atas kinerjanya di bidang Teknologi Informasi ini. Penghargaan tersebut dapat di lihat di http://www.bakrietelecom.com/btel-awards.html.

Referensi : http://www.bakrietelecom.com/index.html

No comments:

Post a Comment